
PROGRAM SARJANA
FAKULTAS
TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM GROBOGAN
FORMULIR
PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI
Nama : MUHAMAD YASIN
NIM : 33.13.0347
Tahun Akademik : 2016 / 2017
Judul : PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMANAJEMEN SARANA PRASARANA DI SDN 2 SUMBERAGUNG
KEC. NGARINGAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017.
No. Hp : 081 227
383 446 Email : Yasin5193@gmail.com
A.
Latar
Belakang
Pendidikan merupakan ikhtiyar manusia untuk menumbuh
kembangkan potensi seseorang baik jasmani maupun rohani. Keberhasilan
pendidikan di sebuah lembaga pendidikan tentu banyak di pengaruhi beberapa
faktor diantaranya tersedia sarana prasarana yang memadai. Hal ini sejalan dengan
pendapat yang telah di ungkapkan
oleh Winston Churchill bahwa: “Kita membentuk
tempat tinggal kita dan tempat tinggal kita juga membentuk kita. Lingkungan
fisik tempat kita bekerja dapat mempengaruhi apa yang kita kerjakan dan
bagaimana cara kita berfikir. Sebagai contoh : Lingkungan fisik dapat mempengaruhi
keluwesan kita dalam mengajar, pola-pola berkomunikasi, dan jumlah tingkat
problem disiplin di sekolah. Sarana fisik yang mudah, lancar, dan terpelihara
dengan baik akan memberikan dorongan positif kepada warga sekolah. Di sisi
lain, sekolah yang dananya sedikit dan bangunannya tidak fleksibel cenderung
mengurangi semangat orang yang menghabiskan hari-harinya disana”.[1]
Dari ungkapan
diatas dapat kita katakan bahwa di sekolah diperlukan adanya layanan yang
memadai di bidang sarana prasarana pendidikan. Sebab layanan di bidang sarana
prasarana pendidikan akan mempengaruhi kualitas proses belajar mengajar yang
terjadi di sekolah tersebut.
Sejalan dengan
pemikiran di atas, maka peran
kepala sekolah dalam memanajemen sarana
prasarana sekolah menjadi perioritas utama, karena dengan adanya manajer dalam
manajemen sarana prasarana sekolah akan tercipta fasilitas sekolah yang siap
pakai saat di perlukan. Hal ini pada gilirannya akan memberikan dorongan
positif bagi orang-orang yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah
tersebut.
Dari uraian
diatas maka penulis tertarik untuk mengadakan riset “peran
kepala sekolah dalam memanajemen sarana
prasarana di sd negeri 2 sumberagung
kec. ngaringan kab. grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017”.
B.
Rumusan
Masalah
Berawal dari
latar belakang yang telah di paparkan di atas, maka rumusan masalah dalam riset
ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
peran
kepala sekolah dalam memanajemen sarana
prasarana di SDN 2
Sumberagung Kec. Ngaringan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
2.
Bagaimana
proses pelaksanaan kepala sekolah dalam memanajemen
sarana prasarana di SDN 2 Sumberagung
Kec. Ngaringan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
3.
Adakah faktor pendukung
dan penghambat peran
kepala sekolah dalam mengelola sarana prasarana di SDN 2
Sumberagung Kec. Ngaringan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
C. Tujuan
dan Manfaat Penelitian
Berdasarkan
pokok permasalahan yang diangkat, maka tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah :
1)
Untuk
mengetahui peran kepala sekolah dalam memanajemen
sarana prasarana di SDN 2 Sumberagung
Kec. Ngaringan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
2)
Untuk
mengetahui proses pelaksanaan kepala sekolah dalam memanajemen sarana prasarana di SDN 2 Sumberagung Kec. Ngaringan Kab. Grobogan
tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
3)
Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam
memanajemen sarana prasarana di SDN 2
Sumberagung Kec. Ngaringan Kab. Grobogan tahun pelajaran 2016 / 2017 ?
D.
Kajian
Pustaka
Penelitian atau
kajian tentang mengelola sarana prasarana sekolah telah banyak dilakukan, hal
ini dikarenakan sarana
prasarana sekolah bersifat dinamis dan berkembang, seiring dengan berkembagnya
ilmu-ilmu yang memberikan sumbangan dan perkembangan budaya manusia pendukung sarana
prasarana sekolah tersebut. Adapun buku yang mengupas tentang manajemen sarana prasarana sekolah dan penelitian-penelitian
yang pernah dilakukan, antara lain :
1.
Makalah
: Manajemen Sarana dan
Prasarana Sekolah oleh lailatul ashariyah tahun 2015. Makalah ini membahas
tentang pengertian, tujuan, prinsip-prinsip, proses, dan macam-macam manajemen
sarana dan prasarana.
2.
Skripsi
: Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu
Pembelajaran di SMP Nasima Semarang Tahun 2010. Skripsi
ini membahas tentang pendiskripsian pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana
dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi bagi siswa
tentang manajemen sekolah sehingga mereka memperoleh pemahaman yang benar dan
dapat memanfaatkannya dengan baik.
3.
Skripsi
: Penerapan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMPN 227 Jakarta
Selatan Tahun 2010. Skripsi ini membahas tentang penerapan manajemen sarana dan
prasarana pendidikan di sekolah demi meningkatkan kegiatan belajar mengajar.
Artinya dari hasil penelitian ini nantinya dapat di jadikan bahan pedoman dan
acuan dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana pendidikan pada masa yang
akan datang.
4.
Jurnal
: Administrasi Pendidikan, Bahana Manajemen Pendidikan, Peningkatan Pengelolaan
Sarana Prasarana Pendidikan Di SMP Negeri 10 Padang Volume 2 Nomor 1, Juni
Tahun 2014. Jurnal ini menjelaskan bahwa keberadaan
sarana prasarana pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan, sehingga
termasuk dalam komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan proses
pendidikan. Pengelolaan sarana dan prasarana sangat penting dalam dunia
pendidikan, karena dengan adanya pengelolaan yang baik maka sarana dan
prasarana akan dapat di gunakan dengan jangka waktu yang lebih lama, selain itu
pengelolaan sarana dan prasarana bertujuan agar tercipta suatu kondisi yang
kondusif, nyaman dan aman dalam proses
pembelajaran.
Grobogan, 17 Oktober 2016
Menyetujui
Pengelola
program S1 Yang
Mengajukan,
……………………….. Muhamad Yasin
[1]Richad A. Gorton, School Administration (lowa: Wm.C.Brown
Company Publisher, 1976), hlm 137 - 138
Tidak ada komentar:
Posting Komentar